Saturday, November 14, 2020

Jenis-jenis Kamera Video dan Penggunaannya

 Sejak awal kemunculan kamera video hingga kini, terdapat berbagai jenis kamera video dengan ukuran dan bentuk yang beragam yang disesuaikan dengan berbagai macam situasi. Berikut adalah beberapa jenis kamera video yang digunakan untuk berbagai kepentingan, diantaranya adalah :


1. Kamera studio



Ketika kamera studio digunakan di lapangan untuk meliput berbagai kegiatan seperti kegiatan olahraga maka kamera tersebut dinamakan kamera lapangan. Perbedaannya dengan kamera studio adalah terletak pada jenis lensa yang digunakan.

Biasanya, kamera lapangan menggunakan lensa yang memiliki rasio zoom yang tinggi dan berukuran lebih besar dibandingkan dengan lensa kamera studio. Di samping ukuran dan berat, kamera lapangan juga dibekali dengan tripod yang berat.


2. Kamera Lapangan


Kamera lapangan merupakan jenis kamera studio yang biasanya diguankan dalam kegiatan yang berlokasi di lapangan atau tempat terbuka. Kamera video jenis ini memiliki ukuran yang relatif kecil jika dibandingkan dengan kamera studio. Penggunaan kamera ini biasanya menggunakan lensa dengan rasio zoom yang lebih tinggi. Tak jauh berbeda dengan kamera studio, kamera ini juga menggunakan alat bantu tripod sebagai penyangganya.



3. Camcorder



High-definition-video camcorder atau HDV camcorder merupakan kamera video yang memiliki kualitas tinggi.  HDV camcorder memiliki lensa berkualitas tinggi, umumnya memiliki tiga buah chip beresolusi tinggi.

Dengan lensa kualitas tinggi, dapat menghasilkan warna secara akurat serta gambar yang tajam, chip menghasilkan native yang memiliki aspek rasio 16×9, serta memiliki alat perekam video yang superior.


4HDV Camcorder

HDV camcorder ini merupakan jenis kamera video porable dengan kualitas tinggi. Tingkat kualitas dari video yang bagus tersebut dikarenakan pada kamera portable jenis ini menggunakan lensa dengan kualitas tinggi serta tambahan alat video recorder superior.

5. 3D Camcorder

Jenis kamera video portable yang selanjutnya adalah 3D camcorder. Melalui 3D camcorder ini, gambar bergerak atau video yang diambil dapat disimpan ke dalam bentuk berkas digital.


6. Kamera EFP

EFP merupakan kepanjangan dari electronic field production. Jenis kamera video yang satu ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Selain itu, kamera ini juga memiliki kemiripan dengan kamera studio yang disertai dengan berbagai macam konfigurasi yang ada pada kamera.


7. Kamera ENG

Berbeda lagi dengan kamera ENG yang merupakan kepanjangan dari electronic news gathering. Jenis kamera video ini merupakan salah satu kamera yang khusus digunakan oleh operator jurnalistik  di tv. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang kamera ENG dapat pula digunakan dalam pembuatan film drama, dokumenter, serta dapat pula digunakan untuk perekaman video pelatihan pada suatu perusahaan.

8. Kamera HDTV

Kamera HDTV merupakan salah satu jenis kamera video yang dapat digunakan di dalam studio maupun di luar ruangan atau di lapangan. Kamera ini menghasilkan gambar yang tajam yang disertai pula dengan ketajaman warna pada video yang dihasilkan. Selain warna, kontras pada videonya pun sangat bagus, bahkan lebih bagus dari kamera televisi standar.


9. Kamera Sinema Elektronik



enis kamera video ini merupakan kamera camcorder yang dilengkapi dengan fitur sinematografis baik yang telah terpasang pada kamera atau pun yang belum terpasang pada kamera.10. Kamera Sinema Digital

Kamera DSLR

Kamera Smartphone

CCTV

SIMAK REVIEW CAMCORDER PRO SONY HXR MC 2500 BERIKUT:

Nah, itulah beberapa jenis kamera video yang tentunya memiliki fitur dan kegunaan yang berbeda-beda. Semoga artikrl ini bermanfaat ya sobat dan jumpa lagi di artikel kami selanjutnya.





Share:

0 Comments:

Post a Comment